Song Playlist

Sabtu, 07 Juni 2014

Perilaku Pengguna tentang Zalora

1.     Perilaku Navigasi

Apa itu navigasi ?

Bagi kalian yang sering dan hobi travelling ke luar kota dengan menggunakan kendaraan pribadi, pasti akan tahu apa arti dari navigasi.
Sebagai contoh, ketika kita ingin berkendara menuju ke suatu tempat, namun kita tidak mengetahui pasti lokasi nya, maka yang akan kita butuhkan adalah sebuah penunjuk jalan atau peta yang dinamakan navigasi.

Lalu apa itu navigasi web ? Sama hal nya dengan yang disebutkan di atas. Navigasi web adalah bagian dari sebuah situs yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs tersebut. Navigasi pada sebuah situs ibarat sebuah penunjuk jalan atau peta yang memberikan pilihan kepada pengunjung bagian mana yang akan mereka kunjungi.

Oleh karena itu, bagi sebuah situs (khususnya situs penjualan online), konsep navigasi yang digunakan tidak boleh dianggap sepi. Sebab, menganggap sepi navigasi dari sebuah situs akan membuat pengunjung bingung, kesal, dan bahkan mungkin “menyesatkan” bagi mereka. Biasanya, pada sebuah website, navigasi tampil pada menu dan link yang terstruktur.

Posisi tampilan sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs web. Posisi navigasi terdiri atas top navigation (navigasi di atas), right navigation (navigasi di kanan), left navigation (navigasi di kiri), dan free navigation (navigasi bebas).

Dari segi tampilan navigasi, situs Zalora menggunakan tampilan top navigation (navigasi di atas), yaitu navigasi yang cocok diterapkan pada situs-situs portal dengan banyaknya menu atau fasilitas yang ditawarkan. Navigasi ini cukup menghemat tempat dibandingkan dengan navigasi pada bagian lain. Sebab, navigasi ini hanya menggunakan teks tanpa icon atau image.

Untuk perilaku navigasi sendiri pun terbagi menjadi dua tipe navigasi. Tipe navigasi pertama adalah tipe navigasi standar, yaitu tipe navigasi yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Yang kedua adalah tipe navigasi advance. Navigasi jenis ini bertujuan sebagai alat untuk mempermudah pencarian, namun lebih bersifat spesifik.

Di dalam situs Zalora digunakan kedua tipe navigasi tersebut. Dimana tipe navigasi standar digunakan di dalam Home (terletak di bagian tas). Dan navigasi advance digunakan ketika kita sudah memilih melalui kategori (misalnya saja pria dan wanita).

Contoh dari navigasi advance, yaitu melalui kategori, desainer, produsen, range harga, dan lain-lain. Navigasi Advance yang seperti ini bisa dibilang mirip dengan fitur search yang ada di situs Zalora. Namun, dengan navigasi advance, kita lebih diarahkan lagi kepada antar muka yang lebih intuitif. Kita dapat menelusuri barang yang diinginkan lebih spesifik. Misalnya saja ketika ingin membeli sebuah sepatu merk Converse. Kita dapat memilih sepatu merk Converse dengan warna, ukuran, dan harga yang diinginkan hanya dengan memasukkan di dalam kotak kategori. Hal ini pun akan mengantarkan pada para calon pembeli sampai kepada apa yang benar-benar mereka cari dan inginkan. 

Tampilan Navigasi Advance (Kategori)
Dalam web ini juga terdapat option untuk login atau mendaftar. Login akun Zalora pun juga dapat dilakukan melalui perantara Facebook.



2.  Perilaku Pencarian

Perilaku pencarian yang dimaksud di sini adalah bagaimana kita dapat menemukan sesuatu yang dicari di dalam situs yang dimaksud. Di dalam situs Zalora, teredia sendiri kotak pencarian untuk mencari produk yang diinginkan. Perilaku pencarian yang terdapat di dalam Zalora pun sangat simple dan mudah.
Para calon membeli dapat langsung memasukkan keyword/kata kunci produk di kotak pencarian seperti gambar yang diberi lingkaran warna biru di bawah ini.

 
Selain dengan kotak pencarian, kita juga dapat menemukan produk-produk lengkap yang dijual Zalora melalui bagian Pencarian Populer seperti yang ditunjukkan kotak warna merah di atas. Dengan begitu, kita akan tahu produk apa saja yang disediakan oleh Zalora untuk para customer nya.
Selain itu, pencarian di Zalora pun lebih dimudahkan lagi dengan adanya fasilitas menu pop-up berdasarkan keyword. Ketika kita ingin mencari suatu produk di kotak pencarian, misalnya kita ingin mencari Sneakers. Setelah mengetikkan huruf awal dari Sneakers (kata "sne"), Zalora akan secara otomatis menampilkan produk-produk yang keyword-nya berkaitan dengan produk yang dimaksud secara pop-up seperti gambar di bawah ini.


Dapat disimpulkan, perilaku pencarian yang terdapat di dalam situs Zalora sangat memuaskan bagi para pengunjung situs yang ingin berbelanja online di salah situs penjualan terbesar ini.
                          
3.  Dampak Perilaku Sosial
Tidak dapat dipungkiri bahwa zaman sekarang teknologi canggih dapat membawa berbagai pengaruh terhadap para penggunanya, terutama teknologi internet, baik berupa dampak posiitf maupun negative.
Sebagai salah satu web penjualan online yang terkenal, situs Zalora pun memiliki dampak tersendiri bagi kehadirannya di tengah-tengah masyarakat zaman sekarang.

Dampak positif :
1.  Proses pembelian barang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah
Membeli barang secara online memang memiiki keuntungan tersendiri dibanding belanja di tempatnya secara langsung. Dengan membeli produk secara online, proses pembelian akan dilakukan secara mudah dan singkat. Kita hanya perlu mencari produk yang diinginkan, memasukkan ke tas belanja, dan terakhir melakukan pembayaran via COD maupun transfer melalui ATM.

2. Dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai produk-produk yang sedang update/trend
Keuntungan lain berbelanja di Zalora adalah kita dapat mengetahui secara pasti produk-produk yang sedang up-to-date disebabkan Zalora akan mengirimi kita informasi tentang produk-produk terbaru mereka hanya dengan melalui e-mail. Hal tersebut tentunya akan mempermudah para customer yang tidak mempunyai waktu untuk menjelajah situ tersebut. Mereka hanya cukup membuka inbox di e-mail, dan mereka pun akan tahu produk apa saja yang sedang trend.

3.Mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli tanpa memerhatikan batasan antara jarak dan waktu
Membeli secara online tentunya akan berdampak langsung dari segi jarak dan waktu. Sebab, kita dapat berbelanja kapan pun dan dimana pun kita mau asal kan terdapat media internet yang menghubungkan. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi mereka (para customer) yang terlau sibuk hinggs tidak mempunyai waktu untuk berbelanja langsung ke tempatnya. Mereka hanya tinggal duduk depan laptop/gadget mereka, pembelian produk pun dapat terjadi dengan proses yang singkat.

Dampak Negatif :
Selain berbagai keuntungan yang disediakan, adakalanya suatu situs penjualan online juga memiliki dampak negative. Dampak negative tersebut dapat berupa :

1. Terikatnya interaksi dalam dunia maya yang dapat mengubah pola interaksi seseorang
Interaksi dengan orang lain merupakan hal yang penting dalam sebuah komunikasi. Namun, berbelanja online seperti ini dapat mengubah pola interaksi seseorang. Mereka yang tadinya biasa berbelanja di toko langsung dengan berinteraksi dengan para pelayan, dapat berubah menjadi pribadi yang dapat dikatakan tertutup jika sudah terbiasa belanja online. Hal ini juga menyebaban berkurangnya sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.

2.  Dapat menimbulkan budaya konsumtif
Dengan berbagai kemudahan yang disediakan dalam beerbelanja online, dapat menimbulkan budaya konsumtif bagi para pelanggan. Mereka yang sudah terbiasa belanja online akan berpikir dan menganggap bahwa berbelanja online jauh lebih menghemat biaya, maka dari situlah mereka akan terus dan terus membeli barang secara online.

3. Kekurangpuasan pelanggan jika barang yang didapat tidak sesuai dengan gambar
Hal ini merupakan sebuah dampak negative yang dirasa akan membuat seoarang pelanggan menjadi tidak betah untuk berbelanja di situs tersebut. Ketika barang yang dibeli sudah sampai di tempat tujuan, ternyata barang tersebut jauh dari ekspektasi mereka -misalnya saja seperti ukuran sepatu yang kebesaran atau kecacatan bahan dan warna pakaian- Maka mereka pun akan merasa tidak puas bahkan kapok untuk berbelanja online.

4.  Dampak Perilaku Ekonomi (dari sisi pengguna/pengelola)
Belanja online juga dapat menimbulkan dampak ekonomi tersendiri, baik dari sisi pengguna maupun pengelola.
Dari sisi pengguna (pembeli), tentunya akan sangat berpengaruh terhadap biaya. Sebab, biaya yang keluar akan seminimal mungkin. Customers yang berbelanja online tidak akan merogoh kroscek yang lebih besar. Misalnya saja dari segi transportasi. Tentunya seseorang akan mengeluarkan biaya lebih jika ia ingin berbelanja langsung di toko langsung karena mereka harus mengeluarkan lagi biaya untuk sampai di tempat tujuan yang dinamakan biaya transportasi. Tetapi tidak jika berbelanja online. Mereka justru dapat menghemat pengeluaran biaya trasnportasi.

Di sisi lain, yaitu sisi pengelola (penjual). Dari sisi pengelola, seseorang akan lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Misalnya saja fitur Outlet Stores yang terdapat di Zalora, dimana produk-produk dari situs utama Zalora di salurkan ke toko outlet dan pengecer perorangan dapat menjual barang dagangan mereka secara langsung kepada masyarakat. Keuntungan lainnya adalah dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu, mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran produk-produk dari Zalora

Sumber :

Situs Resmi Zalora
Layout dan Metode Navigasi Web
Web dan Perilaku Pengguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar